1. Pengertian SRS Airbag
Dalam
sistem kendaraan dikenal dengan dua sistem keamanan, sistem keamanan
aktif dan sistem keamanan pasif. Sistem keamanan aktif adalah sistem
keamanan untuk mencegah terjadinya kecelakaan (cara preventif), sistem
ini berfungsi menstabilkan laju kendaraan dalam berbagai kondisi bahkan
pada saat kondisi kendaraan kritis. Sistem tersebut merupakan
pengembangan sistem rem yang dikontrol secara elektronik, contoh sistem
tersebut diantaranya : Sistem rem ABS, TCS dan ESP. Sistem keamanan pasif adalah satu
sistem untuk melindungi penumpang saat terjadi tabrakan atau benturan.
Sistem penunjang ini dapat berdiri sendiri, artinya bahwa sistem
tersebut tidak melekat pada sistem yang harus terpasang pada kendaraan
atau boleh dibilang sistem tersebut merupakan sistem yang dapat
ditambahkan sebagai salah satu sistem pada kendaraan.
Gambar 1. Area deformasi dan keamanan
Pada struktur kendaraan dikontruksi dalam 2 area, area yang mudah terjadi deformasi berfungsi
menyerap dan menghilangkan kekuatan akibat benturan melalui deformasi
pada bagian depan dan atau bagian belakang saat terjadi tabrakan. Area
berikutnya merupakan area yang sulit terjadi deformasi dinamakan Area
Keamanan/ Keselamatan, dalam area ini diperlukan kabin yang kuat guna
meminimalkan deformasi kabin, sehingga penumpang dalam kondisi aman.
Untuk menghindari benturan antara penumpang dan kabin atau interior
kendaraan sistem SRS Airbag mempunyai peranan penting dalam area ini.
(Supplemental Restrain System Airbag) dikembangkan sebagai teknologi keselamatan pasif yang melengkapi sabuk pengaman. Alat ini sebagai sistem penahan tambahan pada saat terjadi benturan dengan sabuk pengaman sebagai alat utama yang membantu melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan.
2. Komponen SRS Airbag
Komponen ini dikembangkan dan diadopsi dengan berbagai jenis yaitu, Airbag depan (Front Airbag), Airbag Samping (Side Airbag), dan Airbag Tirai.
Airbag depan terdiri dari driver Airbag dan Passenger Airbag, berfungsi melindungi pengemudi dan penumpang depan saat terjadi benturan/tabrakan dari arah depan. Driver Airbag dipasang di tengah bantalan roda kemudi dan Passenger Airbag dipasang pada dasbor di depan tempat duduk penumpang depan.
Gambar 2. Komponen Airbag Depan
Keterangan :
1, 2 = Crash sensor 3 = ACU
4 = Driver AirBag (DAB) 5 = Passenger AirBag (PAB)
4 = Driver AirBag (DAB) 5 = Passenger AirBag (PAB)
Airbag samping (Side Airbag) berada pada samping pengemudi dan penumpang baik depan dan belakang berfungsi untuk membantu mengurangi resiko cedera akibat benturan
antara orang di dalam dengan pintu kendaraan apabila terjadi tabrakan
dari samping kendaraan. Airbag Tirai berfungsi saat kendaraan terguling (rolling), dapat mengurangi resiko cidera saat terjadi benturan akibat kendaraan terguloing. Dengan peletakan pada tirai kendaraan (samping atas penumpang).
Pastilah
tidak semua mobil/kendaraan mempunyai sistem airbag ini, ada yang
terpasang sebagian dan ada yang komplit. Ada kendaraan tertentu yang
semua variannya terdapat system ini (merupakan system yang wajib ada),
ada pula yang hanya varian tertentu yang terdapat system ini, yang mana
semuanya disesuaikan dengan kondisi dan situasi dimana kendaraan
tersebut di dijual (digunakan).
Gambar 3. Airbag Samping dan Tirai
Keterangan :
1. ACU Kombinasi
2. Sensor Accelerator (samping)3. Airbag Tirai
4. Airbag samping
2. Sensor Accelerator (samping)3. Airbag Tirai
4. Airbag samping
3. Prinsip Kerja
Saat terjadi kecelakaan, besarnya energi benturan akan diterima oleh sensor depan airbag (crash sensor) yang diletakkan di depan mobil dan diteruskan ke ACU (Airbag Control Unit), ACU akan mengkalkulasi dan membandingkan dengan safing sensor yang terletak di dalam ACU, bila hasil perbandingan crash sensor dan safing sensor menyatakan airbag harus dikembangkan. Maka ACU akan mengaktifkan Inflator yang didalamnya terdapat initiator yang akan membakar Propellant Grain
sehingga menghasilkan gas dan mengembangkan airbag, kemudian airbag
akan mengempis. Peristiwa tersebut memakan waktu kira-kira 0,2 detik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar