CASTER pada wheel alignment atau spooring
Kedua
adalah CASTER, caster adalah kemiringan sumbu putar kemudi terhadap
garis vertikal jika dilihat dari samping mobil. Pada caster ini juga
terdapat dua macam caster yaitu caster positif dan caster negatif, untuk
caster positif adalah bila roda tersebut kemiringannnya kebelakang
bila dilihat dari samping. Dan kebalikannya bila kemiringan roda
tersebut ke arah depan bila dilihat dari samping maka disebut dengan
caster negatif. Bila caster terlalu positif maka efeknya adalah saat
belok setir menjadi lebih berat dan terasa lebih bergetar.
Bila
caster terlalu negatif maka setir akan menjadi tidak stabil dan terasa
melayang kemudian secara fisik ban akan terlihat bergelombang dan aus
tidak merata. Kemudian bila posisi roda kiri dan kanan casternya tidak
sama atau seimbang maka mobil akan cenderung menarik ke salah satu sisi
saja, kemudian ketika ngerem maka akan timbul gejala ngebuang atau
cenderung menarik ke salah satu sisi saja.
sudut camber roda
Ketiga
adalah CAMBER, camber adalah sebuah sudut kemiringan roda terhadap
garis vertikal jika dilihat dari depan mobil. Sama seperti sebelumnya
terdapat dua macam CAMBER yaitu camber negatif dan camber positif. Untuk
camber negatif adalah bila kemiringan roda dilihat dari depan mobil
cenderung ke arah bagian dalam mobil. Dan kebalikannya adalah bila
dilihat dari depan mobil roda lebih cenderung miring ke bagian luar
mobil. Untuk lebih jelas bila camber negatif kecenderungan roda akan
membentuk huruf V dan untuk camber positif roda akan cenderung membentuk
huruf A, kesemuanya bila dilihat dari depan mobil. Bila sudah diketahui
berapa derajat kemiringannya maka selanjutnya adalah disetting
keseimbangan antara roda depan kiri dan kanan sehingga kemudi akan lebih
stabil dan ringan. dan juga akan menghindari keausan yang tidak merata
pada ban. Efeknya bila camber terlalu positif adalah kemudi akan
menjadi terlalu ringan dan ban aus tidak merata hanya bagian luar saja,
kemudian bila camber terlalu negatif maka kemudi akan menjadi lebih
berat dan ban cenderung akan aus pada bagian dalam saja, efek lainnya
adalah getaran roda terasa besar dan bearing roda akan lebih cepat aus
sehingga mobil akan cendrung membuang ke satu sisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar