Liek Toyota – Surabaya.
Teknologi mempunyai peranan penting dalam memberikan kemudahan bagi
pemakai kendaraan. Toyota mengembangkan teknologi power steering dengan
menggunakan Electric Power Steering (EPS) untuk menggantikan sistem lama
yaitu Hidraulic Power Steering (HPS), hal ini menambah kenyamanan dalam
mengendarai mobil.
EPS mempunyai 2 jenis yaitu :
Bagaimana Electric Power Steering (EPS) bekerja ?
EPS mempunyai 2 jenis yaitu :
- Fully Electric, secara langsung gerakan kemudi dibantu oleh motor elektrik, yang letaknya tidak menempel pada mesin melainkan pada steering column.
- Semi Electric, motor elektrik sebagai pendorong sistem hidraulik dan masih memerlukan minyak agar gerakan kemudi menjadi ringan, letaknya juga telah tidak menempel di mesin.
Bagaimana Electric Power Steering (EPS) bekerja ?
- Pada saat pengemudi memutar roda kemudi, sebuah sensor torsi kemudi mendapat sinyal posisi dan kecepatan rotasi dari roda kemudi.
- Sinyal dari sensor torsi kemudi tersebut dikirimkan ke EPS ECU (Electronic Control Unit), bersamaan sinyal lainnya dari ECM (Electronic Control Module) seperti kecepatan kendaraan dan kecepatan mesin.
- EPS ECU memerintah motor listrik untuk memberikan kemampuan daya putar tambahan pada steering rack dalam jumlah tertentu yang diperlukan.
- Daya putar tambahan tersebut disalurkan ke roda-roda sehingga roda kemudi menjadi lebih responsif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar